Sepak Bola Rentan Cedera Kepala, Pahami 5 Tips Berikut!

  • Whatsapp

Proteam Official Store

Olahraga bisa dilakukan setidaknya 2-3 kali seminggu guna menyehatkan tubuh Anda. Tak harus dilakukan selama berjam-jam, Anda bisa meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap pagi untuk jogging di sekitar rumah. Olahraga yang rutin bisa membuat Anda lebih sehat, bugar dan berstamina. Pilih produk perlengkapan olahraga berkualitas dari Proteam Official Store untuk Anda yang suka bermain sepak bola, bola voli, bola basket, dan lain-lain.

Read More

Meminimalisir risiko cedera kepala saat bermain sepak bola

Mungkin Anda tipe orang yang suka bermain sepak bola di lapangan bersama teman-teman. Tak ayal cedera sering dialami karena benturan atau tabrakan dengan lawan. Hal yang harus Anda waspadai saat mengalami cedera kepala baik memar, lecet hingga gegar otak. Demi meminimalisir risiko tersebut, sebaiknya Anda mengetahui cara menghindari cedera kepala yang dilansir dari situs HelloSehat yaitu :

1. Memakai pelindung kepala

Jika tidak ingin mengambil risiko cedera pada kepala akibat benturan, sebaiknya pakai headgear atau pelindung kepala. Pelindung ini wajib dipakai oleh penjaga gawang yang rentan mengalami hal serupa.

2. Melakukan teknik bermain aman

Jika Anda suka bermain sepak bola dengan teman-teman, sebaiknya lakukan teknik bermain yang aman saja. Anda tidak boleh menggunakan teknik bermain yang berlebihan seperti menyundul bola terlalu sering, apalagi pemula yang belajar main bola. Jika memang ingin melakukan berbagai teknik bermain yang baik, pastikan ada pengawas atau pelatih yang bisa memastikan situasi bermain tetap aman.

3. Tidak bermain dengan kekerasan

Hindari tipe permainan yang terlalu agresif yang bisa menyebabkan cedera diri sendiri atau lawan. Kecuali Anda pemain profesional yang terbiasa bermain dengan sifat kompetitif dan agresif, bukan hal terlarang dalam peraturan permainan. Namun Anda yang menjadikan sepak bola sebagai hobi bersama teman, sebaiknya kurangi teknik bermain penuh kekerasan.

4. Menggunakan bola yang yang sesuai usia

Proteam Official Store memiliki produk bola untuk berbagai jenis olahraga yang disukai, misalnya sepak bola, voli atau basket. Sebaiknya Anda membeli produk yang berkualitas dan sesuai dengan usia agar pemain lebih bisa mengontrol permainan.

Untuk anak-anak yang suka bermain bola, wajib memilih bola dengan nomor tertentu. Misalnya anak usia 10-14 tahun wajib menggunakan bola nomor 4 yang memudahkan kontrol permainan dan meminimalisir risiko cedera.

5. Melapisi tiang gawang dengan bantalan

Si penjaga gawang alias kiper lebih rentan terkena cedera kepala sebab membentur tiang gawang saat berusaha menangkap bola. Guna menghindari risiko buruk pada kiper, tidak ada salahnya untuk melapisi tiang gawang dengan bantalan yang lebih empuk. Jangan lupa memastikan tiang gawang tertambat di tanah, khusus pengguna gawang portable yang lebih fleksibel.

Selain beberapa tips dalam menghindari cedera kepala di atas, Anda juga harus menerapkan aturan agar tidak terkena cedera di bagian tubuh lain. Pemanasan sangat diperlukan agar anggota tubuh tidak kram saat olahraga. Pastikan pula tubuh dalam kondisi fit, minum cukup air putih dan menggunakan peralatan olahraga yang tepat.

Selain memakai baju olahraga yang menyerap keringat dan tidak panas, Anda juga harus memastikan sepatu didesain untuk kegiatan sepak bola atau menopang lari. Jangan lupa memilih ukuran bola yang sesuai kebutuhan dari Proteam Official Store. Bola yang berkualitas akan membuat Anda semakin mantap saat mengoper, menggiring atau menjebol gawang lawan. Yuk, nikmati bermain sepak bola bersama teman-teman yang menyehatkan sekaligus menghibur!

Sumber :

https://hellosehat.com/kebugaran/cedera-olahraga/menghindari-cedera-kepala-sepakbola/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *