Ini Dia Beberapa Camilan Khas Pangkalpinang

  • Whatsapp

Pernah mencicipi camilan khas Pangkalpinang? Bagi kamu yang tinggal di Pangkalpinang, pastinya sudah sangat sering mencicipi camilan khas ini atau mungkin kamu pun sering mengirimkannya kepada kerabat yang berada jauh dari tempat tinggalmu. Lantas, bagaimana dengan kamu yang belum pernah mencicipinya? Apakah kamu harus mengunjungi pusat oleh-oleh atau restoran pangkalpinang dulu baru bisa mencicipinya?

Read More

Tidak harus, kok, kamu bisa membelinya lewat toko online atau jika tertarik bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mencari resepnya di internet. Namun, sebelum membeli ataupun membuatnya, yuk, kenalan dulu dengan beberapa camilan khas kota Pangkalpinang ini.

1. Bong Li Piang

Salah satu camilan khas dari Pangkal Pinang adalah bo li piang. Jika dilihat sekilas, camilan ini memang terlihat mirip dengan bakpia. Namun, bedanya, camilan satu ini diisi dengan selai nanas sehingga menciptakan rasa yang sangat gurih, manis, dan asam. Camilan ini terbuat dari santan, gula aren, dan tepung terigu. Harganya sendiri terbilang cukup murah sekitar Rp10.000.

Lalu, kok, nama camilannya seperti nama camilan dari Negeri Tirai Bambu? Ya, camilan bo li piang ini merupakan perpaduan antara budaya lokal dan budaya Tionghoa Hakka. Meski begitu, camilan satu ini termasuk ke dalam salah satu camilan khas tradisional Indonesia.

2. Kue Rintak

Selain bo li piang, Pangkal Pinang juga memiliki camilan lainnya yakni kue rintak atau dikenal juga dengan kue sagu. Apabila dilihat, kue rintak ini memang tampak mirip dengan kue sagu pada umumnya, namun yang membedakannya adalah ukuran kue rintak biasanya lebih besar, tebal, dan berwarna kecokelatan dibanding kue sagu. Bahkan, teksturnya sedikit keras tapi saat dimakan langsung lumer di mulut.

Untuk harganya sendiri kue ini dibanderol sekitar Rp25.000 per bungkus. Cocok dimakan ketika santai sambil menyeruput secangkir kopi maupun teh.

3. Kemplang

Kemplang merupakan camilan khas asal Pangkalpinang yang terbuat dari ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka. Namun, ada juga yang membuatnya dari cumi-cumi maupun udang. Bentuk kemplang ini sendiri bermacam-macam, ada yang berbentuk lonjong, segi empat, bulat, dan lain sebagainya tergantung bagaimana pembuatannya. Harganya sekitar Rp15.000 – Rp30.000.

Cara memasak camilan yang mirip dengan kerupuk ini adalah digoreng maupun dibakar. Saat memakannya, camilan satu ini bisa dimakan langsung atau dicocol ke dalam sambal khas Pangkalpinang yang memiliki cita rasa manis dan pedas.

4. Asinan Kelubi

Jika asinan buah di Bogor terdiri atas beberapa macam buah, namun berbeda dengan asinan Pangkalpinang yang hanya terbuat dari buah kelubi. Asinan ini memiliki cita rasa asin, kecut, dan manis. Selain dimakan begitu saja, biasanya asinan ini juga dimakan dengan garam cabe mirip dengan bumbu rujak.

Harga dari asinan kelubi ini adalah sekitar Rp30.000 dengan berat toples sekitar 700 gram. Murah sekali, bukan?

Bagaimana, penasaran dengan camilannya? Yuk, kunjungi kota Pangkalpinang atau jika tidak sempat mengunjunginya bisa membuatnya sendiri di rumah!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *