Asuransi Alami Lapse, Apa Konsekuensi dan Cara Mengatasinya?

  • Whatsapp

Dalam dunia asuransi, banyak sekali istilah-istilah penting yang wajib diketahui oleh pemilik polis. Dengan memahami istilah-istilah yang ada, Anda dapat mencegah hal-hal yang dapat mempengaruhi asuransi Anda. Salah satu istilah yang harus Anda pahami adalah lapse. Lapse merupakan kondisi di mana nasabah tidak dapat menikmati manfaat-manfaat pertanggungan karena statusnya menjadi tidak aktif. Kondisi ini biasanya terjadi pada produk asuransi unit link.

Read More

Mengapa lapse dapat terjadi? Salah satu penyebabnya adalah nasabah gagal menjalankan kewajibannya untuk membayar premi secara teratur hingga melewati masa tenggang.

Kapankah masa tenggang itu habis? Masa tenggang setiap polis asuransi berbeda-beda, semua bergantung pada perusahaan asuransi dan kesepakatan antara tertanggung dan agen asuransi. Jadi, apabila nasabah terlambat membayar premi, status asuransi tidak akan langsung berubah menjadi tidak aktif. Sebab, masih ada masa tenggang yang diberikan oleh pihak asuransi. Selama masa tenggang itu, nasabah diberikan kesempatan untuk dapat membayarkan preminya kembali.

Misalnya, masa tenggang yang dimiliki nasabah adalah 30 hari. Apabila nasabah tidak membayar premi lewat dari 30 hari yang sudah ditentukan, barulah status asuransi akan berubah menjadi tidak aktif dan terjadilah lapse.

Akibatnya adalah nasabah kehilangan kesempatan untuk melakukan klaim asuransi dan tidak dapat menikmati manfaat-manfaat asuransi yang lain. Contohnya, ahli waris tidak mendapatkan uang pertanggungan jika pemilik polis meninggal dunia. Oleh sebab itu, alangkah baiknya Anda dapat memulihkan kembali polis asuransi dan membayar premi secara teratur.

Penting pula diingat saat Anda sudah memulihkan kembali polis asuransi, Anda tidak dapat langsung menggunakan atau menikmati manfaat asuransi karena terdapat masa tunggu yang harus Anda lewati. Sebagai contoh, masa tunggu yang diberikan oleh pihak asuransi adalah 30 hari. Namun, Anda jatuh sakit sebelum melewati masa tunggu tersebut dan ingin memakai pertanggungan asuransi.

Kemungkinan besar, klaim akan ditolak karena Anda belum melewati masa tunggu tersebut. Lantas berapa lamakah masa tunggu tersebut? Masa tunggu yang diberikan berbeda-beda, tergantung jenis asuransi dan fitur yang digunakan. Itulah dampak yang terjadi jika polis Anda mengalami lapse. Tentu hal ini tidak akan terjadi jika Anda membayar premi dengan rutin.

Lalu, bagaimana cara mengatasi asuransi yang mengalami lapse?

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan kembali polis asuransi adalah menghubungi agen asuransi. Biasanya, Anda akan diminta untuk membayar tunggakan premi terlebih dahulu. Mungkin jika Anda hanya menunggak selama 1 bulan bukanlah masalah yang besar, namun bagaimana jika Anda menunggak selama 5 bulan? Tentu, akan terasa lebih berat.

Selain itu, ada kemungkinan Anda harus menjalani pemeriksaan kesehatan kembali. Terlebih jika saat itu kesehatan Anda sedang tidak bagus. Oleh sebab itu, langkah pertama memulihkan polis asuransi adalah menghubungi agen asuransi Anda untuk menanyakan setiap prosesnya. Sebab, setiap perusahaan asuransi menerapkan kebijakan yang berbeda-beda.

Apabila saat menjalani proses pemeriksaan kesehatan terdapat kondisi yang memberatkan, terdapat 2 kemungkinan yang akan Anda hadapi: pengajuan polis tidak disetujui atau polis dapat dipulihkan dengan nominal premi yang bertambah.

Anda tidak ingin mengalami hal tersebut, bukan? Untuk itu, jalanilah kewajiban Anda sebagai pemilik polis dengan membayar premi tepat waktu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *